17 Maret 2023

Padang – (17/03/2023) Tim Asesor LAMEMBA (Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi ) melakukan Asesmen Lapangan (AL) dalam rangka reakreditasi Pogram Studi Diploma III Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND).

Tim asesor yang bertugas dalam asesmen lapangan tersebut adalah Dr. Dudi Rudianto, S.E., M.Si dan Dr. Heny Hendrayati, M.M. Selama proses asesmen lapangan, tim asesor melakukan konfirmasi data dan informasi pada DED dan DKPS yang telah dibuat oleh Unit Pengelola Program Studi DIII Manajemen Pemasaran.

Tim asesor juga melakukan wawancara melalui wawancara mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan, dan dosen. Tidak hanya itu, tim asesor LAMEMBA juga melakukan peninjauan lapangan terhadap sarana dan prasarana penunjang proses belajar mengajar yang ada di FEB UNAND.

Asesmen lapangan berlangsung pada tanggal 14 hingga 17 Maret 2023 di ruang sidang Dekanat FEB UNAND dan diikuti oleh pimpinan fakultas dan pengelola prodi serta tim task force reakreditasi Prodi DIII Manajemen Pemasaran.

Pada penutupan asesmen lapangan, tim asesor menyampaikan saran dan rekomendasi untuk peningkatan dan perkembangan Prodi DIII Manajemen Pemasaran Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas.

26 Agustus 2023

Padang (FEB UNAND) – Pada tahun 2023 ini, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) kembali mengadakan Bimbingan Kegiatan Kemahasiswaan dalam Tradisi Ilmiah atau lebih dikenal dengan BAKTI. Kegiatan BAKTI diperuntukkan bagi mahasiswa baru Program Diploma dan Sarjana FEB UNAND.

BAKTI merupakan rangkaian dari kegiatan Penerimaan dan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PPKMB) di lingkungan Universitas Andalas.  Kegiatan BAKTI tersebut berlangsung selama dua hari (25 dan 26 Agustus 2023) di Kampus Padang dan Kampus Payakumbuh.

Kegiatan BAKTI dibuka secara resmi oleh Dekan FEB UNAND, Dr. Efa Yonnedi, SE, MPPM, Ak., CA., CRGP. Dekan dalam sambutannya mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas.

Dalam sambutannya, Dekan menyampaikan bahwa saat ini FEB UNAND memiliki enam belas program studi dari jenjang diploma, sarjana, profesi, master dan doktor. Dari enam belas program studi tersebut, lima prodi sudah mendapat akreditasi internasional dari FIBAA (The Foundation for International Business Administration Accreditation), dan tiga prodi memiliki sertifikasi internasional AUN-QA (ASEAN University Network Quality Assurance).

Setelah acara pembukaan, kegiatan BAKTI dilanjutkan dengan pengenalan proses pembelajaran, sarana prasarana pendukung proses pembelajaran, kegiatan kemahasiswaan dan ormawa yang dipaparkan oleh Wakil Dekan I, Wakil Dekan II dan Wakil Dekan III FEB UNAND. Pemaparan capita selecta “Character & Reputation Building” sebagai Kunci Sukses Hari Ini dan Masa Depan oleh Gusti Candra, SP., MM (Direktur Kredit & Syariah Bank Nagari). Pada hari kedua BAKTI, mahasiswa baru FEB UNAND dibagi berdasarkan Departemen dan Program Studi. Mahasiswa baru tersebut memperoleh pembekalan lebih rinci tentang proses pembelajaran, peraturan dan kebijakan akademik oleh masing-masing Ketua Departemen, Koordinator Program Diploma III, dan Ketua Program Studi.

30 Oktober 2023

Tanggal 27 sampai 29 Oktober 2023, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB UNAND) mengadakan kegiatan Rapat Kerja (Raker) Tahun Anggaran 2024. Raker dengan tagline “Inovasi, Kepedulian dan Keberlanjutan” dilaksanakan di The Balcone Hotel dan Resort, Bukittinggi.

Dr. Fery Andrianus, SE., M.Si selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa raker tersebut bertujuan untuk melakukan pembahasan yang lebih rinci terkait rencana dan program kerja untuk tahun anggaran 2024. Raker diikuti oleh pimpinan fakultas, ketua-ketua departemen, koordinator kampus II Payakumbuh, koordinator program diploma, ketua-ketua program studi dan ketua pusat studi yang ada di lingkungan FEB UNAND. Selain raker, pada tahun 2023, FEB juga mengadakan pelatihan service excellent bagi tenaga kependidikan baik yang bertugas di Kampus Padang dan Kampus Payakumbuh.

Kegiatan raker dan service excellent tahun 2023 FEB UNAND dibuka secara resmi oleh Dekan, Dr. Efa Yonnedi, SE., MPPM., Ak., CA., CRGP. Dekan mengutarakan tujuan dari rapat kerja dan service excellent adalah untuk membuka kesadaran civitas akademika FEB untuk meningkatkan mutu dan produktivitas tridharma di FEB UNAND, serta memberikan pelayanan yang terbaik kepada mahasiswa.

Selain itu, Dekan juga memaparkan arah dan kebijakan FEB UNAND tahun 2024 kepada pengelola dan tenaga kependidikan pada acara pembukaan kegiatan tersebut.

Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan tenaga kependidikan, FEB UNAND mengadakan kegiatan service excellent. Kegiatan service excellent juga diselingi dengan permainan-permainan yang mengutamakan kerjasama dan kekompakkan tim. Kegiatan tersebut bertujuang meningkatkan bonding, koordinasi dan kerjasama tenaga kependidikan dalam menjalankan tugas dan fungsinya di FEB UNAND, sehingga tenaga kependidikan mampu memberikan pelayanan di atas standar yang diharapkan.

14 Maret 2024

Padang– (09/03/2024) Sebanyak 138 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas (FEB Unand) mengikuti prosesi wisuda pada periode Wisuda II Universitas Andalas Tahun 2024. Penyerahan ijazah secara simbolis berlangsung pada tanggal 9 Maret 2024 di gedung Auditorium Unand, setelah acara pelepasan wisudawan secara simbolis oleh Rektor UNAND.

Wisudawan FEB pada periode wisuda kedua tahun 2024 terdiri dari 19 orang lulusan Program Diploma III, 93 orang lulusan Program Sarjana, 24 lulusan Program Magister, dan 2 orang lulusan Program Doktor.

Endrizal Ridwan, SE., M.Ec., Ph.D sebagai Dekan FEB unand memberikan ucapan selamat dan sukses kepada seluruh wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan di FEB Unand. Dekan juga mengucapkan apresiasi kepada seluruh orangtua wisudawan yang telah banyak berkontribusi mendidik anak-anak mereka hingga berhasil menyelesaikan pendidikan tinggi di FEB UNAND.

Dekan menyampaikan bahwa tempaan-tempaan yang dihadapi oleh para wisudwan selama menempuh pendidikan di FEB UNAND mengandug tiga hal, employability skillsinternationality, dan relevansi. “di ijazah anda itu kami isi dengan mata kuliah , skill yang relevan untuk kemajuan bangsa” tambah Dekan

Sebelum mengakhiri pidatonya, Dekan juga menyampaikan bahwa untuk memenangkan persaingan kedepan tidaklah mudah. Kompetensi dan keberuntungan akan mengisi persaingan tersebut. Para wisudawan FEB UNAND telah memiliki komptensi untuk bersaing, yang diperlukan selanjutnya adalah keberuntungan. Dekan mengatakan bahwa keberuntunga bisa diperoleh melalui Allah SWT dan doa orangtau karena ridho Allah terletak pada ridho orangtua.